Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trik Memperbaiki Google Play Store Yang Bermasalah Di Handphone Android

Bagi pengguna handphone android Google Play Store  merupakan platform yang sangat penting. Karena disanalah tempat pengguna mengunduh berbagai macam aplikasi yang dibutuhkan. Pengguna smartphone senantiasa memerlukan berbagai aplikasi untuk memenuhi kebutuhannya.


Namun sayang sekali, Google Play Store seringkali  mengalami masalah yang merepotkan. Apalagi saat sedang dibutuhkan. Sehingga banyak orang yang membutuhkan cara memperbaiki masalah ini, terutama yang dalam pekerjaannya sehari-hari kerap menggunakan fungsi Google Play Store.

Trik Memperbaiki Google Play Store Yang Bermasalah

Hampir semua pemakai handphone android pernah mengunduh aplikasi dari Google Play Store. Sehingga dapat dibayagkan betapa resahnya saat pltform ini bermasalah pada perangkatnya. Sehingga tidak dapat mengunduh suatu aplikasi yang sedang dibutuhkan.

Kerusakan yang dialami juga bukan hanya saat mengunduh saja namun juga senantiasa gagal untuk melakukan pembaruan beberapa aplikasi. Padahal aplikasi itu memerlukan pembaruan untuk dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Sebagai platform yang dikembangkan langsung oleh Google untuk pengguna handphone Android.  Tentu saja Google lay Store sangat populer di berbagai negara yang menggunakannya. Namun sayang sebagai platform besar, masih juga mengalami masalah.

Ketika suatu hari anda mengalami kesulitan ini maka jangan panik dulu, karena ada beberapa langkah untuk mengatasinya. Anda tinggal mengikuti tutorial berikut ini:

 Restart Handphone Android Yang Digunakan

Langkah awal untuk memperbaiki Google Play Store yang terpasang pada handphone android yang digunakan adalah dengan melakukan pertama adalah dengan melakukan restart. Biasanya trik ini cukup jitu karena setelah direstart platform akan kembali normal seperti sedia kala.

Selain mudah cara ini juga merupkan cara yang paling mudah untuk dilakukan semua orang tanpa bantuan ahli. Selain itu juga cara yang paling populer di kalangan pengguna platform resmi dari Google ini.

1.      Periksa Sambungan Internet


Kalau langkah diatas tidak membuahkan hasil masih ada cara lain yang dapat dilakukan yaitu dengan memeriksa sambungan internet. Hal ini cukup penting karena bisa saja bukan platform pada  handphone android  yang bermasalah melainkan diakibatkan dari sambungan internet.

2.      Bersihkan Cache Google Play Store


Cara memperbaiki Google Play Store berikutnya adalah dengan memeriksa timbunan chache yang menumpuk. Karena sampah yang terlalu banyak dapat menyebabkan masalah pada Google Play Store yang terpasang.

Langkah ini tidak sulit dilakukan, hanya perlu membuka membuka menu pengaturan di handphone android yang digunakan. Kemudian buka pada pilihan Apps & Notifications, cari Google Play Store, lalu tekan klik pada pilihan storage dan tulisan clear cache atau bersihkan cache.

 Tunggu sebentar sampai semua chace terhapus dan kemudian buka kembali Google Play Store untuk memeriksa apakah sudah normal kembali. Kebanyakan kasus dapat selesai dengan mudah saat mempraktekkan tips ini.


3.      Melakukan Factory Reset Handphone Android


Saat semua langkah sudah dilakukan dan hasilnya masih sama, maka cara terakhir yang dapat dilakukan adalah melakukan factory reset atau pengaturan pabrik. Cara ini biasanya cukup ampuh untuk mengembalikan kinerja handphone android termasuk semua fitur dan aplikasi bawaannya.

Namun jangan lupa, langkah ini akan mengakibatkan pengaturan handphone kembali keawal seperti saat masih baru. Sehingga semua data yang ada pada handphone tersebut dapat hilang akibat factory reset.

Untuk itu sebelum melakukan langkah ini, sebaiknya semua data pada handphone android bisa diback up atau disimpan di tempat lain. Sehingga saat proses selesai dan data hilang dapat disalin kembali.

Caranya cukup mudah yaitu dengan memilih pada menu back up & reset yang ada di menu pengaturan handphone. Kemudian tekan klik pada factory data reset.  Tunggu sebentar dan handphone akan memasuki mode restart sampai selesai dan kembali menyala.

Beberpa langlah untuk memperbaiki masalah pada Google Play Store tersebut dapat diandalkan. Namun ketika langkah terakhir juga tidak mempan maka terpaksa harus membeli handphone android yang baru. Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Trik Memperbaiki Google Play Store Yang Bermasalah Di Handphone Android"